A. Pengertian Multimedia Pembelajaran
Multimedia adalah media yang mengambungkan 2 unsur/lebih, media yang terdiri dari teks, gambar, foto, audio, video, dan animasi secara terintegrasi. multimedia terbagi menjadi 2 kateggori yaitu  : multimedia linier dan multimedia interaktif.
Multimedia
 linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat 
pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini 
berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film.
Multimedia
 interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat 
pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna 
dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh 
multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, dll.
Sedangkan pembelajaran diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan
 terjadinya proses belajar. Jadi dalam pembelajaran yang utama adalah 
bagaimana siswa belajar. Belajar dalam pengertian aktifitas mental siswa
 dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan 
perilaku yang bersifat relatif konstan. Dengan demikian aspek yang 
menjadi penting dalam aktifitas belajar adalah lingkungan. Bagaimana 
lingkungan ini diciptakan dengan menata unsur-unsurnya sehingga dapat 
mengubah perilaku siswa. Dari
 uraian di atas, apabila kedua konsep tersebut kita gabungkan maka 
multimedia pembelajaran dapat diartikan sebagai aplikasi multimedia yang
 digunakan dalam proses pembelajran, dengan kata lain untuk menyalurkan 
pesan (pengetahuan, keterampilan dan sikap) serta dapat merangsang 
piliran, perasaan, perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secara 
sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali 
B.       Manfaat Multimedia Pembelajaran
Apabila
 multimedia pembelajaran dipilih, dikembangkan dan digunakan secara 
tepat dan baik, akan memberi manfaat yang sangat besar bagi para guru 
dan siswa. Secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses 
pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar 
dapat dikurangi, kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan prises 
belajar mengajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja, serta sikap 
belajar siswa dapat ditingkatkan.
Manfaat di atas akan diperoleh mengingat terdapat keunggulan dari sebuah multimedia pembelajaran, yaitu:
- 
Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron dll.
 - 
Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan ke sekolah, seperti gajah, rumah, gunung, dll.
 - 
Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dll.
 - 
Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju, dll.
 - 
Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun, dll.
 - 
Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar